Langsung ke konten utama

DalNet Command

Dalnet Command Hanya berlaku dalam keadaan SERVICES ONLINE


Nickservices

Mendaftarkan sebuah nickname

Command: /ns register password-untuk-nickname email@adresed.anda
Contoh: /ns register keluargapribumi pribumi@pribumi.com

Keterangan: command tersebut akan mendaftarkan nickname yang sedang anda gunakan, dengan password keluargapribumi. Beberapa saat setelah anda menggunakan command tersebut maka Dalnet akan mengirimkan email ke email adresed anda (pribumi@pribumi.com). Untuk melengkapi pendaftaran nickname anda bukalah email dari dalnet dan baca instruksi yang ada di email tersebut. Atau agar lebih mudah anda tinggal mencari tulisan /msg nickserv@services.dal.net AUTH nickname-yg-anda-regist [kode nickname anda] . Copy dan pastekan tulisan tersebut di IRC (untuk keamanan sebaiknya copy kan tulisan itu di STATUS window).


Melakukan identify terhadap nickname

Command: /identify password
Contoh: /identify keluargapribumi

Keterangan: anda juga bisa melakukan identify terhadap nickname anda yang lain tanpa harus mengganti nickname yang sedang anda pakai saat ini. Contoh jika saat ini anda menggunakan nickname tiaz anda bisa melakukan identify pada nickname zaitun tanpa harus mengetik /nick zaitun terlebih dahulu (contoh: /ns identify zaitun keluargapribumi). Sebagai catatan bahwa nickname anda akan DROP jika tidak di identify selama 30 hari.


Menghentikan orang lain yang menggunakan nickname yang kita miliki

Command: /ns ghost nickname password
Contoh: /ns ghost zaitun keluargapribumi

Keterangan: contoh tersebut berguna jika anda ingin menggunakan nickname anda, tapi seseorang sedang menggunakannya. command ini akan men DISCONECT kan orang yang menggunakan nickname yang kita miliki.


Menggunakan set ENFORCE dan NOOP pada nickname

Command: /ns set [seting] on | off
Contoh: /ns set enforce on (mengaktifkan enforce), /ns set enforce off (menon aktifkan enforce), /ns set noop on (mengaktifkan no op).

Keterangan: command ENFORCE berguna untuk menghentikan seseorang menggunakan nickname kita pada saat kita offline. Seorang yang menggunakan nikcname yang telah di set ENFORCE on hanya punya waktu 60 detik untuk meng indentify password. Dan jika melewati batas waktu tersebut maka otomatis nickname berubah menjadi guest???. Command NOOP on berguna untuk menghindari SOP/Founder sebuah channel menganggkat (ADD) anda menjadi AOP/SOP tanpa izin.


Melihat informasi sebuah nickname

Command: /ns info nickname
Contoh: /ns info zaitun

Keterangan: contoh tersebut akan melihat informasi dari nickname zaitun. Informasi itu antara lain adalah tanggal nickname di register, kapan terakhir kali nickname mengindentify , setingan yang ada pada nickname dan lain lain.


Channelservices

Melihat informasi sebuah channel

Command: /cs info #namachannel
Contoh: /cs info #pribumi

Keterangan: Informasi yang dapat di lihat antara lain adalah Description channel, tanggal pendaftaran channel, Settingan yang berlaku pada channel dan lain lain.


Mendapatkan akses operator di channel

Command: /cs op #namachanel nickname
Contoh: /cs op #pribumi zaitun

Keterangan: contoh tersebut akan memberikan akses op @ pada nickname zaitun di #pribumi. Anda haruslah Aop/Sop/Founder di channel tersebut dan biasakan melakukan identify terlebih dahulu pada nickname (/identify password-anda).


Meminta Channserv Untuk menginvite

Command: /cs invite #namachanel
Contoh: /cs invite #pribumi

Keterangan: Command ini akan meminta agar Channel Services meng invite anda ke dalam channel. Hal ini Sangat Penting jika channel dalam ke adaan invite only (+i), dimana anda tidak akan bisa masuk ke sebuah channel jika tidak di invite oleh operator channel atau di invite oleh chanserv. Gunakan command tersebut agar anda di invite oleh chanserv, dan segera ketik /j namachannel jika anda telah mendapat pesan invite dari chanserv.


Melakukan UNBAN pada sebuah nickname

Command: /cs unban #namachannel nickname
Contoh: /cs unban #pribumi zaitun

Keterangan: contoh tersebut akan melakukan UNBAN (melepaskan ban) yang terdapat pada nickname zaitun di #pribumi. Jika nickname yang ingin anda unban adalah nick anda sendiri (yang sedang digunakan) maka command nya cukup dengan mengetikkan /cs unban #pribumi (tanpa nickname).


Memoservices

Mengirimkan memo ke channel/nickname

Command: /ms send #channel | nickname [pesan anda disini]
Contoh: /ms send #pribumi harap seluruh operator lebih memperhatikan peraturan channel. (mengirimkan memo ke seluruh operator di #pribumi) , /ms send zaitun Assalamu alaikum, apa kabar kak zaitun.. (mengirimkan memo ke nickname zaitun)

Keterangan: pastikan nickname anda dan nickname yang ingin anda kirimkan memo telah di register.


Melihat daftar memo yang masuk

Command: /ms list
Contoh: /ms list

Keterangan: command tersebut akan menampilkan daftar memo yang masuk ke nickname anda tanda * di depan angka berarti memo tersebut adalah memo yang baru (belum di baca).


Membaca memo yang masuk

Command: /ms read [nomer memo]
Contoh: /ms read 1 (untuk melihat memo nomer satu), /ms read 2 (untuk melihat memo nomer dua)

Keterangan: nomor memo adalah nomor yang anda dapatkan saat melihat daftar memo (/ms list).


Mendapatkan informasi lebih lengkap
Jika anda ingin mendapatkan informasi lengkap silahkan ketik /ns help , /cs help dan /ns help


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Matrix Pro Link HD + Ethernet v4

Selamat Pagi semua rekan-rekan sekalian. Mungkin kali ini saya akan membahas mengenai Receiver dengan Merk Matrix tipe ProLink HD + Ethernet.   Ok berawal dari parabola yang ditinggal oleh penghuni kosan yang lama. Maka saya berniat untuk menggunakan parabola tersebut. Tapi saya tidak tahu, harus diapain tuh parabola agar bisa untuk nonton tipi . Setelah dibrowsing, ternyata saya hanya perlu Receiver. Saya putuskan untuk mencari Receiver tersebut . Browsing sana sini dan ternyata pilihan saya jatuh pada Satellite Receiver bernama Matrix Prolink HD + Ethernet New. Gambar Kardus Matrix ProLink HD Ethernet v4 Gambar Tampak depan MHDE New Gambar Tampak atas MHDE New Gambar Fungsi di MHDE New Gambar Port USB di MHDE New Adapun fasilitas yang ditawarkan oleh produk ini adalah : Bisa membuka siaran acak menggunakan Key seperti Biss (Umum digunakan serta banyak didukung oleh forum-forum satelite), Seca, Viaccess, Irdeto, Cryptoworks, Nagravisio

Menu Utama pada Matrix ProLink HD Ethernet V4

Sekarang saya akan membahas tentang Tampilan menu yang ada di Receiver Satellite ny milik Matrix yang bernama  Matrix Pro Link HD + Ethernet v4 Untuk masuk ke tampilan menu , kita bisa klik tombol Menu/Back pada remote control. Gambar Tombol Menu/Back Setelah itu muncul tampilan Menu yang ada di  Matrix Pro Link HD + Ethernet v4 . Terdapat 8 menu utama yang bisa digunakan antara lain : Ubah Siaran Gambar Menu Ubah Siaran Instalasi Gambar Menu Instalasi Alat Gambar Menu Alat Permainan Gambar Menu Permainan Pengaturan Sistem Gambar Menu Pengaturan Sistem Akses Tertentu Gambar Menu Akses Tertentu Media Player Gambar Menu Media Player Pengaturan Jaringan Gambar Menu Pengaturan Jaringan Semoga artikel ini dapat membantu untuk memberikan gambaran , bagaimana isi dari   Matrix Pro Link HD + Ethernet v4 ini. Kalau ada saran/kririk , silahkan di komentar.

Nomor Nomor Penting di Axis

Pada artikel sebelumnya sudah membahas mengenai Axis Data Setting  . Selanjutnya pada kesempatan ini, saya coba membahas tentang Nomor Nomor Penting di Axis . 1. Layanan Pelanggan ( Customer Service ) Gunakan  838 pada Handphone Anda, untuk menghubungi Customer Service yang siap membantu Anda jika dalam penggunaan nomor Axis memiliki kendala seperti lupa pin, minta PUK, saran/kritik dan lain-lain. 2. Cek Status dan Pengisian Pulsa ( Status Check and Reload ) Gunakan  888  pada Handphone Anda, untuk informasi status penggunaan kartu Axis dan bisa juga digunakan untuk melakukan pengisian pulsa dengan voucher. 3. Layanan Ring Back Tone (RBT) Gunakan  333  pada Handphone Anda, jika anda ingin nada tunggu nya itu adalah musik kesayangan Anda. Coba lah untuk menggunakan layanan ini. 4. Cek Voice Mail Gunakan  *800#  pada Handphone Anda, anda tidak ada waktu atau lupa untuk mengangkat panggilan masuk. Biasanya layanan voice mail aktif, jika anda tidak mengangkat t